Saturday, April 11, 2015

Lingkungan Manajer




 1. Tingkatan, dibedakan menjadi tiga tingkatan yaitu:
    
    a. Manajemen Puncak : bertanggung jawab atas seluruh organisasi, 
        menetapkan kebijakan dan pedoman operasi dan interaksi 
        organisasi dengan lingkungannya.
        
        Yang termasuk manajemen puncak adalah dewan direksi,     
         manajing manager.
     
   b. Manajemen Menengah : bertanggung jawab atas manajemen lini 
       pertama sesuai hirarki organisasi dan manajer yunior. 

       Yang termasuk manajer menengah adalah kepala seksi, bagian 
       divisi.
     
   c. Manajemen Lini Pertama : bertanggung jawab atas pekerjaan 
       karyawan operasional. 
     
       Yang termasuk manajer lini pertama adalah mandor, penyelia.

2. Ruang lingkup dan fungsinya
     
    a. Manajer Fungsional, manajer yang bertanggung jawab hanya 
        atas satu aktivitas organisasi, seperti manajer sumberdaya     
        manusia.
      
    b. General Manajer, bertanggung jawab atas semua aktivitas atau 
        beberapa fungsi dalam organisasi.
 

3. Jenjang Manajemen
    
    a. Jenjang Strategi, menetapkan tujuan jangka panjang dan arah 
        bagi organisasi, dalam menghadapi lingkungan eksternal. 
        Memastikan jenjang operasi dan teknis beroperasi dengan baik.
     
    b. Jenjang Teknis, mengordinasi tugas tugas jenjang operasi 
        dengan mengambilkeputusan atas produk dan jasa yang 
        dihasilkan. Menyelesaikan pertentangan dan sebagai perantara  
        dengan pihak luar (konsumen, pemasok)
      
    c. Jenjang Operasional, focus pada tugas tugas manajemen dalam 
        organisasi, yaitu dalam mengembangkan alokasi sumber daya 
        yang terbaik dengan baikdan benar untuk menghasilkan barang 
        barang dan jasa jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.



4. Keterampilan Manajer
      
     a. Conceptual Skill : kemampuan melihat keseluruhan organisasi 
         dan  memadukan seluruh bagian dalam system.
      
     b. Human Skill ; kemampuan untuk bekerja, berkomunikasi dan 
         memahami orang lain.
      
     c. Technical Skill : kemampuan menggunakan kemampuan teknik 
         dan sumber daya tertentu.
     
     d. Administration : keterampilan yang mengenai POAC, 
         mengikuti kebijakan, prosedur, dan kemampuan mengelola 
         anggaran.

     Untuk menghadapi tantangan, manajer membutuhkan:
      
      a. Visi, pencapaian tujuan ditujukan untuk kontinuitas, 
          sustainable perusahaan, membuat perubahan untuk 
          menciptakan peluang bagi pertumbuhan dan pengembangan 
          perusahaan.
     
      b. Etika, kepedulian lingkungan, mengalokasikan sebagian 
          keuntungan untuk penanggulan pencemaran, bantuan social, 
          pengembangan usaha kecildan menengah.
    
      c. Pelatihan, Manajer efektif dan berhasil karena keahlian.



5. Peran dan Kegiatan Manajer
      
    a. Peran Interaksional, dibagi menjadi 3:
        
        a.1 Peran antar pribadi :  
               
              Tokoh, pelaksanaan tugas tugas yang bersifat simbolis.
                
              Pemimpin, pengarahan dan koordianasi aktivitas aktivitas 
                                 bawahan.
                 
              Penghubung, keterlibatan hubungan antar pribadi di dalam  
                                    maupun di luar organisasi
          
         a.2. Peran Informasional :

                Pemantau, mengumpulkan informasi mengenai perubahan, 
                                  kesempatan dan masalah masalah yang  
                                  mempengaruhi organisasi.
                                             
                Penyebar, menyediakan informasi penting di dalam  
                                 organisasi.
                                              
                Juru bicara, wakil organisasi dalam memberikan informasi 
                                    kepada eksternal.
          
          a.3. Peran Pengambilan Keputusan : 
                 Mencari gagasan dan metode terus menerus.
               
                 Menciptakan stabilitas, menanggapi tekanan.
                                                              
                 Membagi pekerjaan, juru runding, negosiator.
     
 b.  Peran Administratif : Pemerosesan kertas kerja.
                                             
                                         Pemeliharaan stabilitas operasi.
                                             
                                         Memonitoring kebijaksanaan dan prosedur.
    
 c.  Peran Teknik : Pekerjaan dengan perlatan peralatan.
                                   
                              Pemecahan masalah teknis.
                                    
                              Pelaksanaan fungsi fungsi teknis.
      
d. Peran Pribadi : Pengatur waktu.
                                  
                             Pengembangan karir pribadi.
                                    
                             Keterlibatan dengan kehidupan sendiri.

6. Lingkungan Manajer
      
    a. Lingkungan Internal, terdiri dari Komisaris, Manajer, Karyawan.
      
    b. Lingkngan Eksternal (uncotrolable, perubahannya sangat cepat), dibagi menjadi 2 yaitu
          
        b.1. Kekuatan Langsung, terdiri dari Pelanggan, Pesaing, 
               Pemasok, Media, Lembaga Keuangan, Lembaga 
               Pemerintah.
          
        b.2. Kekuatan Tidak Langsung, terdiri dari Teknologi, 
               Ekonomi, Politik, Sosial dan Budaya, Internasional.



Semoga Bermanfaat!!!

No comments:

Post a Comment